M3 - Laporan Akhir 2




M3 Percobaan #
1. Prosedur
[Kembali]

1. Rangkai rangkaian pada alat sesuai dengan modul.
2. Tulis program untuk arduino di software Arduino IDE.
3. Compile program tadi, lalu upload ke dalam arduino.
4. Setelah program selesai di upload, jalankan rangkaian.

2. Hardware dan Diagram Blok [Kembali]

Hardware :

a) Modul Arduino 


b) ESP32 


c) Dipswitch 


d) LED 
e) Seven Segment


Diagram Blok:

                





3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja [Kembali]

Rangkaian Simulasi :



Prinsip Kerja :

Prinsip kerja rangkaian ini menggunakan komunikasi UART (Universal Asynchronous Receiver-Transmitter) untuk menghubungkan perangkat Master dan Slave. UART adalah protokol komunikasi serial yang umum digunakan dalam mikrokontroler dan perangkat elektronik lainnya untuk mentransfer data secara serial antara perangkat-perangkat tersebut.

Pada perangkat Master, programnya memanfaatkan koneksi serial UART untuk mengirim karakter yang dipilih oleh pengguna melalui keypad. Setiap kali tombol pada keypad ditekan, karakter yang sesuai dengan tombol tersebut akan dibaca dan dikirimkan melalui koneksi serial UART ke perangkat Slave. Komunikasi UART memungkinkan perangkat Master untuk secara asinkronus mentransmisikan data ke perangkat Slave tanpa perlu menunggu respons langsung, sehingga memungkinkan perangkat Master untuk melanjutkan tugas-tugasnya tanpa terhalang oleh proses komunikasi.

Di sisi Slave, perangkatnya siap untuk menerima karakter yang diterima dari perangkat Master melalui koneksi serial UART. Begitu karakter diterima, perangkat Slave akan menginterpretasikan dan menanggapinya sesuai dengan logika program yang telah ditetapkan. Dalam kasus ini, karakter yang diterima akan ditampilkan pada layar LCD untuk memberikan feedback visual kepada pengguna.

Komunikasi UART memiliki beberapa keunggulan, termasuk kemudahan penggunaan dan kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Selain itu, protokol ini umum digunakan dan didukung oleh sebagian besar mikrokontroler dan perangkat elektronik, membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk mengimplementasikan komunikasi antarperangkat dalam sistem terintegrasi.

Dengan penggunaan komunikasi UART, rangkaian ini memungkinkan perangkat Master dan Slave untuk saling berkomunikasi dengan efisien dan responsif, sehingga memfasilitasi interaksi antara pengguna dan sistem secara langsung dan efektif.


4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]

Flowchart :


Listing Program :

// MASTER
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
 {'1', '2', '3'},
 {'4', '5', '6'},
 {'7', '8', '9'},
 {'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {7, 6, 5, 4};
byte colPins[COLS] = {8, 9 , 10};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup() 
Serial.begin(9600);
}
void loop()
{
 char customKey = customKeypad.getKey();
 if (customKey)
 {
 Serial.write(customKey);
 }
 delay(20);
}

//Slave
//SLAVE
#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
char message;
void setup() 
 Serial.begin(9600);
 lcd.begin(16, 2);
}
void loop()
{
 lcd.setCursor(0, 0);
 lcd.print("Tombol :");
 if (Serial.available())
{
 message = Serial.read();
 if (message)
 {
 lcd.print(message);
 }
}
}


5. Kondisi [Kembali]

Percobaan 4 : Komunikasi UART antar arduino dengan input keypad dan output LCD

6. Video Demo [Kembali]



7. Soal Analisa [Kembali]

1. Jelaskan perbedaan percobaan 2 dan percobaan 4
2. Jelaskan proses pengiriman data dari percobaan 4

8. Download File [Kembali]

File Rangkaian klik disini
Video Percobaan klik disini
Listing Program klik disini
Datasheet Arduino klik disini
Datasheet Button klik disini
Datasheet Led klik disini
Datasheet Resistor klik disini








Tidak ada komentar:

Posting Komentar