Modul 1 Laporan Akhir 2 Praktikum Sistem Digital







2. Alat dan Bahan[kembali]
  1. Panel DL 2203C 
  2.  Panel DL 2203D 
  3.  Panel DL 2203S 
  4.  Jumper
Gambar 1.1 Module D'Lorenzo

Gambar 1.2 Jumper


3. Rangkaian Simulasi[kembali]





4. Prinsip Kerja Rangkaian[kembali]

Dalam percobaan 3 ini, untuk kondisi pertama set untuk nilai awal A dan B adalah 0 dengan  untuk input dari MR nya 0, dari input ini akan dicoba untuk mentrigger lampu Q, setelah rangkaian di jalankan lampu Q mati sedangkan Q' hidup, kita risetime input dari B kita jadikan dari 0 jadi 1, dapat dilihat lampu akan hidup sebentar dan akan mati lagi ketika di risetime lagi, lampu juga akan hidup sebentar lalu mati lagi walaupun masih dalam aktif high/1 untuk input B. Kondisi lampu yang hidup sebentar tersebut dicatat waktunya dan dimasukkan ke dalam jurnal percobaan. 

Untuk kondisi kedua kita set nilai A dan B adalah sama sama 1, dapat dilihat outputnya sama dengan kondisi pertama yaitu lampu Q mati sedangkan lampu Q' hidup, untuk mencoba mentrigger lampu Q kita lakukan falltime pada input A yang awalnya berlogika 1 kita falltime atau jatuhkan jadi 0 sehingga dapat dilihat pada outputnya lampu Q akan hidup sebentar dan mati lagi disaat A masih berlogika 0, ketika di falltime kembali lampu Q akan hidup kembali dan mati lagi, waktu hidup mati tersebut akan dicatat dan dilakukan variasi pada kapasitansi dan resistansi untuk melihat perbedaan waktunya


5. Video Rangkaian[kembali]


6. Analisa[kembali]

1. Analisa pengaruh nilai kapasitor dan resistor pada percobaan 3 apa pengaruhnya terhadap waktu yang diberikan?
Jawab:
Setelah percobaan yang dilakukan, ketika nilai kapasitor diperbesar dengan nilai resistor tetap, maka waktu nya akan semakin besar. Karena besarnya kapasitor dan resistor , waktu untuk arus mengalir kapasitor akan menjadi lebih lama.Ketika nilai resistor yang digunakan lebih besar dengan nilai kapasitor yang tetap , maka waktunya akan lebih besar. Karena besarnya nilai resistansi akan memperlambat arus yang menuju kapaditor sehingga pengisian nya akan menjadi lebih lama

2. Analisa dan bandingan hasil yang didapatkan saat praktikum dengan hasil jurnal perhitungan, carilah persentase errornya !
Jawab : 


3. Analisa kenapa saat A = '0' itu harus ditrigger risetime dan saat B = '1' ditrigger falltime?
jawab :
Setelah praktikum yang telah dilaksanakan ketika kondisi A = 0, B = 0 harus ditrigger risetime, maksudnya disini B harus kita trigger jadi 1 agar terjadi pengaruh di LED pada outputnya. Begitupun halnya dengan ketika kondisi A = 1, dan B = 1 harus ditrigger falltime karena akan membuat nilai B = 0 untuk sesaat terjadi pengaruh pada LED  



7. Link Download[kembali]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar